Uncategorized

Kata Siapa Rasulullah Menikahi Janda-Janda Tua Renta?

BACA DULU SAMPAI TUNTAS BARU KOMENTAR.

Bagaimana pun ini fakta sejarah yang sering dikalahkan oleh opini awam dan opini yang menyesatkan.

YANG BERCANDA atau BERDEBAT, langsung saya delete komennya.

Baiklah, mari kita kenali istri-istri Rasulullah satu demi satu secara singkat saja, supaya kita tahu siapa dan usia berapa ibu-ibu kita ini dinikahi oleh Rasulullah.

  1. Khadijjah bintu Khuwailid, beliau adalah wanita yang paling dicemburui oleh Bunda Aisyah meski beliau sudah tiada karena Rasulullah selalu menyebut-nyebut namanya. Bahkan usia Khadijah saat dinikahi oleh Rasulullah pun masih terbilang muda, apalagi beliau adalah wanita kaya, yang saya yakin wanita yang sehat dan terawat. Meskipun pada umumnya diriwayatkan beliau berusia 40 tahun saat dinikahi Rasulullah, namun ada beberapa riwayat yang menerangkan usia beliau jauh di bawah 40 tahun, artinya beliau adalah JANDA MUDA.
  2. Saudah bintu Zam’ah bin Qois, beliau telah memiliki enam putra ketika di nikahi oleh Rasulullah, dan beliau bisa dikategorikan JANDA YANG TIDAK MUDA LAGI.
  3. A’isyah bintu Abi Bakr As-Shiddiq, beliau dinikahi oleh Rasulullah pada usia yang masih sangat muda, ada yang meriwayatkan dinikahi pada usia 13 tahun, ada yang meriwayatkan dinikahi pada usia 6 tahun dan berkumpul dengan Rasulullah saat berusia 9 tahun. Tapi intinya beliau adalah GADIS MUDA.
  4. Hafshah bintu Umar bin Khatab, menurut para pakar sejarah, beliau dinikahi oleh Rasulullah ketika berusia 20-an dan berstatus janda, artinya beliau adalah JANDA MUDA.
  5. Zainab bintu Khuzaimah, beliau dinikahi oleh Rasullah setelah suaminya Abdullah bin Jahsy meninggal pada perang uhud, dan beliau menjadi istri Rasulullah hanya sebentar saja karena kurang lebih tiga bulan setelahnya beliau menuju Rahmat Allah, walaupun menurut pakar sejarah Islam beliau bukan termasuk wanita yang cantik, namun bisa dibilang beliau adalah JANDA YANG BELUM TUA.
  6. Ummu Salamah (Hindun bintu Abi Umayyah), sebelum dinikahi Rasulullah, beliau adalah istri Abu Salamah. Setelah Abu Salamah meninggal, beliau dinikahi oleh Rasulullah. Beliau memiliki beberapa anak dengan Abu Salamah, namun beliau adalah JANDA YANG SANGAT CANTIK, bahkan Bunda Aisyah sendiri dalam suatu riwayat mengagumi kecantikannya , bahkan Bunda Aisyah mengatakan bahwa kecantikan Ummu Salamah melebih apa yang Bunda Aisyah bayangkan.
  7. Zainab bintu Jahsy bin Rabab, beliau adalah mantan istri anak angkat Rasulullah, Zaid bin Haritsah. Hikmah dari pernikahan Rasulullah dengan beliau adalah dibolehkannya untuk menikahi mantan istri dari anak angkat. Beliau dinikahi oleh Rasulullah pada tahun 5 atau 6 H, pada usia kurang lebih 39 tahun, artinya beliau adalah JANDA MUDA juga.
  8. Juwairiyah bintu Al-Harits, beliau adalah wanita dari kaum Yahudi Bani Musthaliq, nama aslinya adalah Burrah. Suami beliau sebelumnya terbunuh ketika terjadi perang Muraisi’, lalu beliau menjadi tawanan perang yang kemudian mengajukan pembebasan dirinya kepada Rasulullah yang akhirnya Rasulullah memberikan tawaran untuk memberikan yang lebih baik dari sekedar kebebasannya, yaitu menikahinya, dan beliau pun menerima tawaran Rasulullah. Beliau adalah wanita yang cantik dan cerdas, artinya beliau adalah JANDA MUDA YANG CANTIK.
  9. Ummu Habibah bintu Abi Sufyan, beliau adalah mantan istri Ubaidillah bin Jahsy dan memiliki seorang puteri yang bernama Habibah. Pada saat di nikahi oleh Rasulullah, usia beliau sekitar 35 atau 36 tahun, yang artinya beliau adalah JANDA MUDA.
  10. Shafiyah bintu Huyai bin Akhtab, beliau adalah wanita dari kaum Yahudi Bani Nadzir. Suaminya bernama Kinanah meninggal terbunuh dalam perang dengan kaum muslimin, sehingga beliau menjadi tawanan. Ketika menjadi tawanan, beliau hendak dinikahi oleh Dihyah Al-Kalbi, namun kemudian ada seseorang yang melapor kepada Rasulullah bahwa beliau adalah wanita mulia yang hanya layak menjadi Istri Rasulullah. Maka kemudian Rasulullah memintanya dari Dihyah dan memerintahkan Dihyah untuk memilih tawanan yang lainnya. Rasulullah lalu menawarkan kepada beliau apakah tetap dalam keadaan Yahudi atau memeluk Islam dan menjadi istri Rasulullah. Beliau pun memilih untuk berislam dan menjadi istri Rasulullah. Beliau dinikahi oleh Rasulullah sekitar tahun 7H pada usia kurang lebih 17 tahun, yang artinya beliau ketika itu adalah JANDA MUDA.
  11. Maimunah bintu Al-Harits, beliau dilahirkan kurang lebih 6 tahun sebelum masa kenabian, dan dinikahi oleh Rasulullah pada tahun 7 H dalam usia kurang lebih 26 tahun, artinya beliau adalah JANDA MUDA.

Jadi, dari 11 orang istri Rasulullah, hanya Ibunda Saudah bintu Zam’ah bin Qois lah yang suspect Janda Tua. Jadi mohon kepada para penebar kebencian terhadap ta’adud, janganlah sebarkan opini yang menyesatkan misalnya dengan mengatakan “Silahkan poligami, tapi dengan janda-janda tua mau? Kan Rasulullah menikahi janda-janda tua”. Astaghfirullah, sahabat, baca sejarah dulu, jangan ikut-ikutan menebar opini atau bahkan memanipulasi sejarah Islam.

PILIHLAH SIKAP ANDA

Ketika menulis ini, terus terang saya sedang geram dengan argumen-argumen para penentang ta’adud. Ta’adud bukan untuk dipertentangkan dan bukan untuk dijadikan bahan candaan, cukup pilih sikap-sikap berikut ini:

  •  Jika anda setuju dan mampu silahkan dieksekusi, rugi jika Anda tak eksekusi.
  • Jika anda setuju tapi tak mampu (seperti saya) maka lebih baik tak usah eksekusi.
  • Jika anda mampu tapi tak setuju apalagi jika anda muslim maka lebih baik Anda diam saja atau menambah ilmu agar suatu saat Anda berubah pikiran menjadi setuju dan mengeksekusinya, jangan malah jadi duri dalam daging yang mencaci maki agama sendiri.
  • Jika Anda tidak mampu dan tidak setuju dan Anda muslim, sebaiknya Anda merenungi diri Anda dan jangan mencaci agama Anda sendiri.
  • Jika Anda non-muslim, apakah Anda setuju atau tidak setuju, sebaiknya Anda berdoa kepada Tuhan agar diberi petunjuk jalan yang lurus atau urus saja agama anda sendiri.
Wallahu a’lam.
Jika ada narasi atau data yang salah, mohon dikoreksi. CMIIW.

Comments